Metodologi Penelitian
- Ibnu Rusdi |
- Erni Forwarty |

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam penguasaan tentang metodologi penelitian yang digunakan sebagai dasar dalam menyelesaikan penulisan karya tulis ilmiah dan dasar dalam menelusuri hasil penelitian sebagai bukti terbaik dalam pelaksanaan asuhan keperawatan. Pembelajaran dirancang dengan berbagai metode dengan penugasan berfokus pada penulisan karya tulis ilmiah studi kasus.
Course Information
Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi yang dibebankan pada MK
CPL-1
Menguasai konsep pengelolaan dan penjaminan mutu asuhan keperawatan serta praktek keperawatan berbasis bukti (CP.P.14)
CPL-2
Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (CP.KU.08)
CPL-3
Mampu mengumpulkan data, menganalisa dan merumuskan masalah, merencanakan, mengimplementasikan dan mengevalusi, mendokumentasikan, menyajikan informasi asuhan keperawatan (CP.KK.05)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
- Mampu memahami konsep dasar ilmu pengetahuan dan keperawatan
- Mampu memahami konsep dasar penelitian
- Mampu memahami etika dalam penelitian dan penulisan ilmiah
- Mampu memahami penulisan ilmiah dalam laporan penelitian
- Mampu menguasai cara melakukan studi kepustakaan
- Mampu memahami komponen penelitian
- Mampu mengenal uji statistik dalam penelitian
- Mampu memahami prinsip pengelolaan data
Bahan Kajian: Materi Pembelajaran
Konsep dasar ilmu pengetahuan dan keperwatan
a. Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dan keperawatan
b. Metode penyelesian masalah secara ilmiah
c. Peran penelitian dalam upaya mengembangkan profesi keperawatan
Konsep dasar penelitian
a. Batasan dan karakteristik penelitian
b. Guna dan tujuan penelitian
c. Jenis-jenis penelitian
d. Keterbatasan penelitian
Etika dalam penelitian dan penulisan ilmiah
a. Etika penelitian
b. Etika penulisan: penulisan judul sampai penerbitan
Penulisan ilmiah dalam laporan penelitian
a. Konsep dasar penulisan ilmiah
b. Komponen laporan ilmiah
1) Judul
2) Penulis
3) Abstrak
4) Kata kunci
5) Latar belakang
6) Isi (bahan dan cara kerja, hasil dan pembahasan)
7) Kesimpulan
8) Daftar pustaka
Studi kepustakaan
a. Penelusuran sumber kepustakaan: batasan, tujuan, prinsip
b. Cara pengutipan kepustakaan (dalam teks dan refernsi)
Komponen penelitian
a. Rumusan masalah dan tujuan penelitian
b. Kerangka konsep, hipotesis dan pertanyaan penelitian
c. Variabel penlitian, definisi operasional beserta skala pengukuran
d. Desain penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian
e. Populasi dan sampel penelitian: konsep dsar, tahapan pengambilan sampel
f. Instrumen penelitian: jenis instrumen dan pengukurannya
Uji statistik yang tepat
a. Univariat
b. Bivariat
c. Reliabilitas dna validitas
Prinsip pengelolaan data
a. Pengelolaan instrumen: koding, editing, dll
b. Penggunaan komputer dalam pengelolaan data penelitian
Metodologi
1. Kuliah tatap muka/ daring
2. Penugasan
3. Belajar mandiri
Bahan Kuliah
1. Buku Teks Metodologi Penelitian
2. Modul
3. Handout
4. Ebook
5. Jurnal
6. Repository
Tim Dosen
1. DR. Ibnu Rusdi, SKp, M.Kep (IR)
2. Ns. Erni Formaty, S.Kep, M.Kep (EF)
Evaluasi Penilaian Mata Kuliah
1. Harian/kuis : 10%
2. Penugasan : 20%
3. UTS : 35%
4. UAS : 35%
Total : 100%
Coaches

Ibnu Rusdi

Erni Forwarty